Sejarah

SEKILAS  BERDIRINYA  YAYASAN PENDIDIKAN VIDYA DAHANA PATRA

PENDIDIKAN, INVESTASI PENYIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG  BERKUALITAS BAGI MASA DEPAN BANGSA

Disadari oleh seluruh bangsa di dunia ini, bahwa masa depan suatu bangsa sangat banyak ditentukan oleh seberapa banyak Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang dimilikinya. Adapun untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, satu-satunya cara adalah dengan menyediakan wahana pendidikan yang bermutu bagi warganya.

Menyadari hal ini, PT Badak NQL Co. dengan produksinya berupa gas alam cair yang merupakan salah satu sumber terbesar devisa negara, merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus memenuhi harapan para karyawannya, yaitu dengan membuka Lembaga Pendidikan bagi putra-putri Karyawan, di Kompleks PT Badak NGL  Bontang .

Berikut tahapan-tahapan berdirinya YPVDP :

  1. Pada bulan Mei 1977, Training Section PT Badak NGL melakukan  persiapan untuk membuka sekolah melalui kerja sama dengan Diklat Pertamina Balikpapan yang sudah lebih dahulu mengelola sekolah dari SD sampai SMA.
  2. Pada September 1977 dibuka TK yang berdiri sendiri sedang-kan SD dan SMP dibuka sebagai kelas jauh dari SD dan SMP Pertamina Balikpapan. Untuk Operasional kegiatan belajar mengajar, didatangkanlah 5 orang guru dari SD dan SMP Pertamina Balikpapan.
  3. Tanggal 23 Desember 1977, diadakan rapat pembentukan Yayasan, dan tanggal 6 Januari 1978 General Manager PT Badak NGL (bapak Ir. Katiyoso) mengeluarkan surat keputusan nomor : OOl/Kpts/l/GM/78 yang menyetujui berdirinya Yayasan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra, disingkat YPVDP, dengan ketua umum Bapak Joseph Soebarto dibantu oleh Ketua I Bapak G. Bratakusuma dan Ketua II Bapak  M.A. Sjarif.
  4. Pada awal Januari 1978, gedung sekolah permanen untuk TK dan SD sudah selesai dibangun, maka mulai 12 Januari 1978 kegiatan belajar mengajar dan aktivitas sekolah yang lain, semua berpindah ke gedung baru tersebut, dengan pengaturan : TK menempati bangunan tersendiri sedangkan SMP dan SMA menumpang pada gedung SD
  5. Pada tanggal 16 Januari 1978 YPVDP berdiri secara sah, dengan Akte Notaris nomor 52 oleh notaris ABDUL WAHAB, S.H. di Balikpapan, dan terdaftar di Pengadilan Negeri Tenggarong pada tanggal 18 Januari 1978, yang selanjutnya mengambil alih pengelolaan sekolah, sedangkan Training section memantau dan membantu di bidang penataran Guru. Guru-guru dari Pertamina Balikpapan sebagian dikembalikan, lainnya direkrut oleh Perusahaan. Oleh karena itu, YPVDP segera melakukan recruiting Guru / Pegawai.

Dengan telah berdirinya secara resmi YPVDP, maka sekolah-sekolah yang dikelola pun secara resmi bernama : TK YPVDP, SD YPVDP, SMP YPVDP dan SMA YPVDP.

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 


Polling

  • Vote